Pulse Oximeter Mengulik Fakta Penemuan Baru Tentangnya - Hansoku Goods

Breaking

Jumat, 11 September 2020

Pulse Oximeter Mengulik Fakta Penemuan Baru Tentangnya

Mengenai penemuan baru seringkali membuat kondisi menjadi heboh. Akhir-akhir ini dunia kedokteran juga mengalami hal serupa. Pasalnya, munculnya Pulse Oximeter dalam rangkaian peralatan medis digadang-gadang mampu menyembuhkan pasien Covid-19.

Apa Itu Pulse Oximeter?

Beberapa bulan terakhir, dunia kesehatan heboh dengan kehadiran penemuan baru. Alat medis bernama Pulse Oximeter hasil inovasi ilmuwan Jepang ini cukup populer. Karena Perlengkapan tersebut digadang-gadang mampu membantu perawatan dan penyembuhan pasien Covid-19.
Pulse Oximeter
Lalu apa sebenarnya Pulse Oximeter itu? Alat ini merupakan salah satu perlengkapan medis yang berfungsi untuk mendeteksi kadar saturasi oksigen. Menariknya pengukuran tingkat 02 dalam jaringan ini tidak memerlukan treatment pengambilan darah seperti pada umumnya.

Akhir-akhir ini sempat muncul isu jika Pulse Oximeter dapat mendeteksi virus Corona. Nyatanya, belum ada bukti valid dan hal itu masih dalam perdebatan para ahli. Meskipun pada faktanya tidak bisa dipungkiri bila alat tersebut memiliki peranan penting untuk menangani pasien Covid.

Fakta Penting Mengenai Pulse Oximeter

Mengulik lebih jauh mengenai penemuan baru yang menggegerkan dunia medis ini. Ada fakta menarik tentang Pulse Oximeter yang patut Anda ketahui. Informasi penting itu meliputi beberapa hal seperti berikut:

1. Hasil Penemuan Ilmuwan Jepang

Menelisik lebih dalam, Pulse Oximeter merupakan hasil inovasi dari Insinyur Takuo Aoyagi dan ahli bedah bernama Michio Kishi. Kedua ilmuwan asli Jepang ini memiliki segudang prestasi. Medali IEEE merupakan salah satu bukti penghargaan atas kinerjanya.

Kedua ilmuwan itu berhasil mengembangkan Pulse Oximeter sejak tahun 1972. Sistem alat ini bekerja dengan memanfaatkan sinar infra merah untuk membaca pergerakan sel dalam tubuh. Tahun 1975 perlengkapan medis tersebut lolos tahap uji coba dan mendapat rekomendasi.

2. Cara Penggunaan Mudah

Penggunaan alat ini cukuplah mudah, caranya tinggal jepitkan sensor pulse pada ujung jari tangan, kaki ataupun telinga. Namun, sebelum itu pastikan untuk menghapus cat kuku apabila mengenakannya. Kemudian tunggu hingga beberapa detik maka hasil akan keluar.

Pemilihan ujung jari sebagai tempat peletakan sensor pulse tentunya dengan banyak pertimbangan. Salah satunya karena bagian tubuh ini posisinya jauh dari jantung. Dengan demikian, sangat representatif menggambarkan kondisi peredaran darah pada seluruh jaringan.

3. Berperan Penting dalam Perawatan Pasien Covid-19

Berdasarkan penuturan Dr. Richard Levitan, Pulse Oximeter memiliki peranan penting dalam penanganan kasus Covid. Pasalnya, kebanyakan pasien yang datang ke rumah sakit mengalami hypoxia. Bahayanya, gejala ini muncul tanpa ada tanda-tanda khusus.

Dengan bantuan Pulse Oximeter, maka masalah hypoxia pada pasien bisa terdeteksi lebih dini. Oleh karena itu, tenaga medis dapat segera memberikan tindakan tepat. Jika telat dalam memberikan pertolongan, tentunya hal itu akan berakibat fatal.

4. Alat Multifungsi

Ulasan sebelumnya telah menyebutkan bahwa alat ini berguna mendeteksi kadar oksigen dalam darah. Canggihnya, Oximeter dapat memberikan tanda jika penggunanya mengalami hypoxia. Maka tidak heran bila perlengkapan medis itu berperan penting untuk perawatan pasien Covid.

Fakta lainnya, perlengkapan medis ini bersifat multiguna. Fungsi utama dari Pulse Oximeter dapat mendeteksi tanda vital dari kehidupan manusia. Hal itu meliputi pengukuran suhu tubuh, tekanan darah, denyut nadi serta laju pernafasan.

Itulah ulasan singkat mengenai fakta penting dari Pulse Oximeter yang belum banyak orang ketahui. Semoga informasi ini bisa menjadi sumber informasi serta menambah wawasan Anda. Utamanya dalam dunia medis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar